Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara efektif menggunakan search Engine
Menggunakan mesin pencari (search engine) merupakan cara yang biasa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkannya di belantara world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan query dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntun anda menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang anda butuhkan :
1. Gunakan mesin pencari yang tepat
Ditengarai sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs mesin pencari yang kolaps, lantas tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya.
2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum
Bayangkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila anda hanya memasukkan kata kunci telescope dalam mesin pencari. Jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.
3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga malahan mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci Short biography of astronomer Edwin Hubble akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Juga perhatikan ejaan dari kata kunci yang anda masukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat membawa anda untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.
4. Gunakan operator Boolean
Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Keyword Hubble AND biography NOT telescope akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian anda.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh
Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Hubble Space Telescope dengan “Hubble Space Telescope” akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya akan memberikan hasil yang lebih akurat. Penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya “Hubble Space Telescope” AND launch.
6. Manfaatkan Direktori
beberapa mesin pencari menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa anda ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Mesin pencari yang menggunakan direktori antara lain adalah Yahoo, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal Indonesia, misalnya Catcha, SearchIndonesia, Naver, atau Incari.
7. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari anda
Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.
8. Gunakan fungsi “Find” pada browser anda
Ketika mesin pencari mengantarkan anda pada halaman tertentu, anda belum tentu langsung menemukan apa yang anda cari disana. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang anda lakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan Hubble. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.
Meskipun Blogspot halamannya bersifat statis, tapi menurut saya blogspot memiliki kelebihan sebagai berikut,
- Blogspot mudah digunakan. Hal ini relatif sih, tapi sekalipun anda adalah seorang yang baru belajar ngeblog, namun saya rasa anda tidak akan menemukan kesulitan untuk menggunakan blogspot. Untuk menerbitkan sebuah postingan, merancang template, atau mempercantik blog.
- Aksesnya kencang. Ya, terkadang ini juga menjadi suatu hal yang membuat dilema. Tapi selagi anda tidak banyak meng-input code html dari pihak ketiga, blog yang telah anda buat di blogspot (Insya Allah) kencang deh.
- Banyak template pilihan yang bisa anda pilih dan mudah di edit untuk membuat blog anda semakin enak di pandang, baik itu dari feature perancang template yang telah tersedia, ataupun mencari free template, alias template gratisan selain dari yang telah disediakan oleh pihak blogger.com
- Blogspot memberikan unlimited space & bandwith. Jadi selagi anda masih mampu untuk menerbitkan postingan, anda tidak perlu memikirkan space / ruang penyimpanan blog anda, serta bandwith yang tidak akan berkurang sekalipun pengunjung blog sudah ramai.
- Blogspot memiliki feature statistik tracker. Jadi anda bisa memantau pengunjung blog tanpa repot-repot menambah code html dari website penyedia statistik tracker lain.
- Blogspot memiliki SEO (Search Engine Optimization) yang nggak kalah bila dibandingkan dengan blog gratisan lain, sekalipun dengan blog berbayar. Meskipun blog baru yang menggunakan blogspot awalnya agak sulit terdeteksi oleh search engine, tapi dengan menambahkan sedikit trik-trik SEO yang bisa anda di search engine, tidak tertutup kemungkinan blog anda berada pada halaman pertama hasil pencarian.
- Yang terakhir, dan juga jujur nih, yang bikin saya jatuh hati sama blogspot adalah, anda bisa memonetize blog. Selain blogspot sebenarnya anda juga bisa memonetisasi blog anda. Tetapi setahu saya, blogspot lebih memiliki banyak pilihan untuk memonetisasi blog. Karena selain PPC (Pay Per Click) atau CPA (Cost Per Action), anda juga bisa memonetisasi blogspot anda dengan ikutan Paid Review yang sudah lama pernah saya publish disini, atau jualan link, misalnya di TLA atau LinkWorth.
Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Blog
Keuntungan :
- Yang jelas kita memiliki alamat domain sendiri , tentu terlihat lebih menarik dan terlihat lebih serius dalam mengelola blog.
- Gak perlu mikir hosting ke tempat lain cukup hosting di blogger saja.
- Kita dapat menggunakan server FTP eksternal jika dinginkan.
- Gak perlu mikir bayar hosting dan kehabisan Bandwidth, cukup bayar domain saja pertahun.
- Kita tidak bakal kehilangan pengunjung, karena blogger tetap akan mengarahkan (redirect) pengunjung ke alamat domain yang baru (Contoh : http://o-om.blogspot.com )
- Kita gak perlu dipusingkan masalah konfigurasi MySQL, PHP, Java, Flash dan lain-lain.
- Tetap bisa melakukan setting penuh terhadap blogger.
- Yang jelas cukup aman dari serangan Spy, Phishing, FTP hack, Deface, SQL Inject, Google Hack. Kita masih tetap aman selama pada zone blogger (blogspot) namun berbeda jika kita menggunakan server FTP eksternal dengan hosting pribadi -> Catatan : cukup aman belum tentu aman :)
Kerugian :
- Kita akan kehilangan nilai page ranking dari Google.
- Kita perlu mengubah kembali link banner dengan alamat yang baru.
- Akan kehilangan Ranking alexa, Ranking Technoraty dan Ranking yang lain.
- Kita harus mendaftar ulang ke Search Engine.
- Blog kita akan seperti bayi yang baru lahir
- Ada sedikit masalah pada image header yang gak muncul setelah custom domain, tenang..pasti ada jalan keluarnya
Kelebihan Search Engine Ask :
Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
Kekurangan Search Engine Ask :
Databasenya kecil
Fitur kurang lengkap
Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
BING
Kelebihan Search Engine Bing :
a. Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.
b. Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
c. Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
d. Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
e. Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.
Kekurangan Search Engine Bing :
a. Tidak dapat berhitung.
b. Fiturnya tidak lengkap.
c. Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
d. Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.
YAHOO
Kelebihan Search Engine Yahoo :
a. Paling lengkap dibanding search engine yang lain.
b. Lebih mudah diakses dibanding search engine yang lain.
c. Menyediakan yellow page dan peta.
d. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
e. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
f. Fiturnyanya yang komplit.
g. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
Kekurangan Search Engine Yahoo :
a. Software pendukungnya masih kurang.
b. Loading yang lama.
LYCOS
Kelebihan Search Engine Lycos :
a. Lycos mampu mencari data dengan cepat.
b. Dalam hal pencarian cepat.
c. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
d. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
e. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
Kekurangan Search Engine Lycos :
a. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
b. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.
Kelebihan Search Engine Altavista :
a. Pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
b. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
c. Pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
d. Altivista dapat memncari suatu informasi yang lebih akurat.
Kekurangan Search Engine Altavista :
  1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
Kelebihan dan Kekurangan Mozilla Firefox - Mozilla firefox merupakan salah satu perangkat lunak untuk browser gratis yang saat ini masih banyak digunakan dikantoran, warnet, perumahan, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan browser Mozilla firefox :
Kelebihan
Merupakan salah satu browser yang penggunanya terus meningkat setiap hari.
Memiliki security lebih baik dari browser lainnya.
Memiliki konfigurasi yang sangat baik.
Memiliki ukuran aplikasi lumayan kecil.
Mendukung berbagai jalan pintas dalam penggunaannya.
Tampilannya lebih luas dan toolbarnya terlihan rapi.
Memiliki fitur organisasi bookmark.
Kekurangan
Browser tidak dapat berjalan optimal apabila tidak ditambah addons.
Beberapa addons tidak dapat berfungsi bila Firefox diperbarui.
Firefox tidak dapat terintegrasidengan outlook dan outlook express.
FLOCK

Kelebihan:

1. Ada menu tersendiri(photo uploader) untuk upload foto ke situs layanan jaringan sosial misal : Facebook , Flickr , Twitter , Myspace .
2. Terintergrasi langsung dengan situ jejaring sosial
3. Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudah login), dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar. Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySapce dan Digg
4. Cek email melalui menu webmail
5. Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda .

Kekurangan:

1. Flock membutuhkan resources yang lebih besar! Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama.
2. Skin Flock pun saat ini masih terbatas.



Kelebihan Mozilla Firefox
Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.
Security yang dimiliki Firefox lebih handal dibanding yang.
Browser ini juga terkenal dengan addons-nya yang banyak ersedita baik itu dari Mozilla sendiri ataupun dari komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester).
Browser ini juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB dan mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal dan mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas,Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus, Fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.

Kekurangan Mozilla Firefox
Startup time atau waktu menjalankan program pertama kali sangat lama, ini membuat user tidak nyaman.
Browser ini juga tidak berfungsi dengan optimal bila tidak ditambahi addons. Para crackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar.
Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja.
Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3.
Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox.
Browser ini juga tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook. Bahkan beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol “submit” di layar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar